Manfaat

4 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan Hingga Efektif Atasi Diabetes

Bunga telang atau Clitorea ternatea adalah tumbuhan yang umumnya banyak ditemukan di daerah tropis, yang mana kelopak bunganya berwarna biru. Jenis bunga yang satu ini sering kali dijadikan sebagai teh herbal lantaran diduga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Lalu apa saja manfaat bunga telang? selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

Berbagai manfaat bunga telang bagi kesehatan

 manfaat bunga telang

Selain telah lama digunakan sebagai pewarna makanan alami, bunga telah juga telah sejak lama dimanfaatkan dalam pengobatan herbal lantaran kandungan antioksidan dan antihiperglikemik yang dimilikinya. Pada umumnya, bunga telah terlebih dahulu akan dikeringkan dan kemudian diolah menjadi teh juga pewarna alami khususnya dalam pengobatan ayuverda dan Tiongkok.

Tak hanya itu, khasiat bunga ini juga telah banyak diteliti, yang melibatkan hewan percobaan dengan hasil yang cukup menjanjikan. Adapun manfaat kembang telang adalah sebagai berikut:

1. Mengandung senyawa antioksidan tinggi

Anda bisa memperoleh antioksidan dari berbagai jenis makanan maupun minuman, salah satunya dari bunga telang. Antioksidan sendiri sangat penting bagi tubuh lantaran bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan Anda.

Adapun pada tahun 2013 terdapat sebuah pebnelitian yang membandingkan kandungan antioksidan bunga telang yang sudah di ekstrak. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical sciences ini menunjukkan, bahwa metanol bunga telah begitu kaya akan antioksida. Sehingga manfaat bunga telang di masa depan kemungkinan bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk menghambat hormon oksidatif di tubuh.

2. Mengobati diabetes

Menurut penelitian dari BMC Complementary and Alternative Medicine melaporkan, bahwasannya bunga elang memiliki senyawa bermanfaat bagi penderita diabetes. Terdapat peserta berjenis kelamin pria yang mana mengonsumsi 5 jenis minuman termasuk teh bunga telang. Dan setelah mengonsumsi kelima minuman tersebut, terlihat bahwa kandungan antioksidan dalam tubuh pria meningkat.

Dan bunga telang yang dicampur dengan sukrosa diketahui mampu mengurangi glukosa serta konsentrasi insulin seiring dengan meningkatnya antioksidan. Meski demikian, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna meliihat apakah bunga telah mampu digunakan untuk mengontrol gula darah pada saat dicerna dengan karbohidrat.

3. Mengatasi gangguan kecemasan

Menurut sebuah penelitian dari Jurnal Ancient Science of Life, penggunaan bunga telang serta yoga telah terbukti mampu membantu orang yang tengah mengalami kecemasan. Dalam penelitian tersebut, terdapat 30 penderita gangguan kecemasan yang di bagi menjadi 3 kelompok. Pada kelompok A, pesertanya diberi akar bunga telang yang telah dicampur denga n susu selama 1 tahun. Sedangkan peserta di kelompok B menggunakan teknik yoga sebagai metode alternatifnya. Sedangkan kelompok C diberikan keduanya.

Dan hasilnya, kelompok C mem perlihatkan perkembangan yang cukup berarti dalam proses penyembuhan dibanding mereka kelompok terapi tunggal. Meski hasilnya cukup menjanjikan, namun hal ini masih memerlukan penelitian lainnya guna melihat bagaimana cara kerja bunga telang terhadap gangguan kecemasan.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat bunga telah untuk mempercepat penyembuhan luka telah melalui uji coba hewan percobaan, yang mana hewan tersebut diberi ekstrak biji serta akar bunga telang. Dan dalam pemenelitian tersebut ditemukan, bahwa ekstrak biji tumbuhan ini mengandung flavonol glikosida serta ekstrak tanaman yang memiliki senyawa fenolik didalamnya. Dan para peneliti mepercayai bahwa kesuanya mampu mempercepat penyembuhan luka. lantaran bersifat sebagai antiinflamasi.

Nah itulah berbagai manfaat bunga telang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Selain itu, bunga telang kering khususnya juga dipercaya baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi mata minus bahkan baik untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat. Meski manfaatnya cukup melimpah, namun bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai teh herbal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close