Manfaat

6 Manfaat Cengkeh, Efektif Atasi Sakit Gigi Hingga Ejakulasi Dini

Pada dasarnya, cengkeh dikenal sebagi rempah serbaguna yang sering digunakan dalam membuat makanan, minuman hingga campuran pembuatan rokok. Namun dibalik kegunaannya tersebut, rempah yang juga sering disebut cengkih ini ternyata memiliki kebaikan untuk kesehatan dan tak jarang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Lalu, apa saja manfaat cengkeh bagi tubuh? ketahui jawabannya dengan menyimak ulasan berikut.

Mengenal cengkeh dan kandungan didalamnya

manfaat cengkeh

Cengkeh yang memiliki nama latin Syzygium aromaticum merupakan tangkai bunga kering yang berasal dari pohon Mirtaceae. Layaknya manfaat kayu manis, cengkeh sendiri telah lama dijadikan sebagai bumbu rempah masakan sekaligus obat herbal, bahkan sejak berabad-abad yang lalu. Tak hanya daun, bunga dan buahnya, minyak cengkeh juga sering dimanfaatkan sebagai aroma terapi hingga obat oles untuk mengatasi sakit gigi secara alami.

Adapun dalam satu sendok teh ataupun sekitar 2 gr cengkeh, diketahui kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Energi 21 kal
  • Serat 1 gr
  • Karbohidrat 1 gr
  • Kalium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Natrium
  • Fosfor
  • Folat
  • Zinc
  • Vitamin A, C, E dan K
  • Antioksidan

Selain itu, masih banyak banyak lagi zat baik lainnya yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan yang masih jarang diketahui

Adapun berbagai khasiat cengkeh yang sering digunakan dalam dunia kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi sakit gigi

Cengkeh dipercaya mampu mengatasi nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi. Hal tersebut dikarenakan didalamnya terkandung senyawa eugenol yang mana menurut beberapa penelitian, senyawa ini dipercaya mampu meredakan rasa sakit, peradangan serta infeksi. Sehingga, dapat membantu mengurangi rasa nyeri di gigi juga gusi. Selain itu, didalam cengkeh juga dipercaya memiliki efek antioksidan, antibakteri dan antijamur. Adapun untuk cara penggunaannya, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada bagian gigi yang terasa nyeri.

2. Menghambat pertumbuhan bakteri

Manfaat cengkeh lainnya juga mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, berkah sifat antibakteri yang dimilikinya. Bahkan menurut sebuah penelitian, minyak essensial dari cengkeh mampy membunuh bakteri E.coli yang tak tak lain mampu menyebabkan diare. Selain itu, efek antibakteri dalam cengkeh juga mampu menjaga kesehatan mulut menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut hingga menghambat pertumbuhan kuman di kulit pemicu jerawat.

3. Menjaga kesehatan organ hati

Senyawa eugenol yang terdapat dalam cengkeh juga dipecaya mampu meningkatkan kesehatan organ hati. Bahkan sebuah penelitian di laboraturium mengungkapkan, bahwasannya senyawa dalam cengkeh tersebut mampu meningkatkan fungsi hati hingga mengurangi peradangan. Bahkan, khasiat cengkeh yang mengandung eugenol ini juga digadang-gadang mampu mencegah penyakit sirosis.

4. Menyehatkan tulang

Sebuah penelitian telah melaporkan, bahwasannya senywa euganol dalam cengkeh diduga mampu menjaga hingga meningkatkan tulang. Selain itu, kandungan mangan dalam rempah ini juga diyakini dapat membantu proses pembentukan tulang. Sehingga tulang Anda akan semakin sehat dan kuat, serta terhindar dari pengeroposan tulang yang mampu menyebabkan osteoporosis.

5. Membantu mengobati tukak lambung

Gangguan lambung seperti tukak lambung pada umumnya terjadi akibat terjadinya penipisan lendir lambung maupun meningkatkan asam lambung yang dilatar belakangi oleh stres maupun infeksi. Saat Anda mengalami gangguan kesehatan ini, mengonsumsi cengkeh bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk mengatasinya. Menurut sebuah studi, minyak essensial dari cengkeh mampu meningkatkan produksi lendir lambung. Dimana lendir lambung sendiri berfungsi untuk men cegah luka pada lambung akibat cairan asam lambung.

6. Mencegah ejakulasi dini

Khasiat cengkeh lainnya juga diduga dapat membantu mencegah ajakulasi dini. Menurut suatu penelitian, mengoleskan krim yang mengandung bunga cengkeh yang telah dicampurkan dengan bahan alami lainnya seperti ginseng ke kulit penis, mampu mencegah ejakulasi dini. Dan hasilnyapun dapat dibilang cukup efektif.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat cengkeh untuk kesehatan. Cengkeh juga diketahui mengandung manfaat lainnya, mulai dari meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah kanker, diet, menjaga kesehatan rambut hingga baik untuk kecantikan kulit. Namun alangkah baiknya sebelum Anda memanfaatkan cengkeh sebagai obat herbal, Anda berkonsultasi dengan ahli terdekat.

Karena selain manfaat, cengkeh juga disinyalir dapat memicu beberapa efek samping seperti reaksi alergi, iritasi pada kulit dan gusi, gangguan hati hingga penghambatan pada obat pengencer darah. Maka dari itu, penggunaan cengkeh untuk konsumsi juga ada baiknya tidak diberikan pada anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui dan orang yang mengalami gangguan hati. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close