Manfaat

6 Manfaat Madu Asli Bagi Kesehatan yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Madu asli tak hanya sekedar cairan manis yang digunakan dalam campuran minuman maupun makanan. Lebih dari itu, didalamnya begitu kaya akan kandungan zat nutrisi yang baik bagi kesehatan. Bahkan sejak zaman dahulu, madu asli telah digunakan sebagai obat tradisional untuk pengobatan beragam penyakit. Lalu, apa saja manfaat madu asli bagi kesehatan? selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

Mengenal madu kandungan nutrisi didalamnya

manfaat madu

Madu merupakan cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula, yang mana dihasilkan oleh lebah genus apis) dari nektar bunga. Meski kini telah tersedia banyak madu dalam kemasan, namun tetap madu murni tetap jauh berkhasiat lantaran belum tercampur oleh bahan-bahan lainnya. Disisi lain madu asli juga bersifat lebih kental dibanding madu kemasan.

Adapun rasa manis yang khas dari madu sendiri dihasilkan dari unsur monosakarida fruktosa serta glukosa yang terdapat didalamnya, yang diketahui lebih baik ketimbang gula. Kandungan kalori dalam gula juga diketahui dapat menyerap lemak dengan baik, terlebih apabila dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Selain mengandung campuran fruktosa (38.5%) serta glukosa (31%), didalamnya juga masih terkandung banyak kandungan senyawa alami lainnya yang baik bagi kesehatan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Air
  • Gula
  • Antioksidan
  • flavonoid
  • fenolat
  • vitamin E
  • Vitamin C
  • asam amino
  • Mineral (seperti zinc dan zat besi).

Hanya saja, komposisi dan kandungan setiap madu asli tidaklah sama. Hal tersebut bergantung pada bunga yang tersedia dan menghasilkan nektar. Seperti halnya kandungan pada madu hutan akan berbeda dengan madu odeng, madu hitam maupun jenis madu lainnya.

Khasiat dan manfaat madu asli bagi kesehatan

Pada dasarnya, masyarakat sering memanfaatkan madu sebagai obat herbal asma, batuk, diare dan alergi. Sebagiannya lagi memanfaatkan madu untuk mengatasi permasalahan kulit, seperti meredakan kulit gatal serta untuk mempercepat penyembuhan luka. Dan berikut berbagai manfaat madu asli menurut penelitian ahli secara medis.

1. Mengobati batuk

Tak sedikir penelitian yang menyebutkan, bahwasannya rasa manis pada madu mampu meproduksi air liur dan lendir. Hal tersebut diduga mampu membasahi tenggorokan sehingga meredakan batuk. Nah, dengan mengonsumsi madu murni sebelum tidur dipercaya mampu meringankan batuk pada orang dewasa maupun anak-anak berusia 2 tahun ke atas. Dan madu tidak boleh diberikan sebagai obat tradisional untuk cara mengatasi batuk pada bayi, karena bisa memicu keracunan.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan nutrisi dan kimia yang terdapat dalam madu dipercaya mmapu mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa sakit dan infeksi, meningkatkan kinerja sel yang terlobat dalam penyembuhan luka hingga mengurangi nanah juga bau tidak sedap pada luka. Adapun bberapa jenis luka yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan madu asli ialah luka bakar, lecet, pascaoperasi serta borok atau luka ulkus kronis. Hanya saja menurut sejumlah penelitian madu tidak terbukti mengatasi jerawat.

3. Mengobati diabetes

Beberapa hasil penelitian melaporkan, bahwasannya manfaat mengonsumsi madu setiap hari mampu membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Bahkan tak hanya itu, kadar kolesterol serta berat badan penderita diabetes juga bisa menurun dengan khasiat madu ini. Hanya saja sejauh ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai jenis madu apa yang bermanfaat paling baik untuk membantu mengobati kondisi tersebut.

4. Mengatasi sariawan

Mengonsumsi madu sekitar 20 ml juga dipercaya mampu mengurangi tingkat keparahan sariawan termasuk akibat radioterapi sekalipun. Selain itu, madu juga mampu mengurangi terjadinya penurunan berat badan serta nyeri saat menelan lantaran terapi radisi serta pengobatan kanker disekitar kepala dan leher. Sedangkan penelitian menunjukkan, bahwasannya pasien yang berikan madu murni pasca terapi radiasi di kepala mengeluhkan nyeri yang lebih ringan dibanding mereka yang tidak mengonsumsi madu.

5. Membantu menurunkan berat badan

Madu juga diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan hingga mengecilkan perut buncit. Caranya, campurkan madu dengan air hangat, serta tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis. Campuran bahan alami ini mampu mendorong pembakaran lemak secara efektif. Selain itu, bahan alami tersebut juga mampu melancarkan sistem pencernaan, sehingga lemak dan sisa makanan tidak akan terlalu lama mengendap dalam tubuh.

6. Memperkuat daya tahan tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan di School od Medicine, Cardiff University, Inggris, madu dipercaya mampu merangsang sel-sel kekebalan tubuh. Dan berkat nutrisi madu, metabolisme serta stamina tubuh juga akan meningkat. Madu sendiri sejatinya ikut ambil alam mendetoks bakteri yang mampy membuat tubuh mudah terserang penyakit. Dan itulah mengapa madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga menangkal segala penyakit.

Manfaat madu lainnya

Selain dari apa yang telah di sampaikan diatas, mengonsumsi atau memanfaatkan madu asli juga dapat memberikan manfaat luar biasa lainnya untuk kesehatan Anda. Diantaranya dapat meningkatkan stamina, menambah kesuburan, mengatasi kulit gatal, mengtasi iritasi kulit akibat terbakar sinar matahari, meringankan kondisi setelah operasi mata, mengatasi masalah kekurangan gizi, menyehatkan jantung hingga efektif mencegah kanker.

Bahkan tak hanya untuk kesehatan, madu juga dikenal memiliki sejumlah khasiat bagi kecantikan. Diantaranya:

  • Membantu melembabakan kulit
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Menghilangkan komedo
  • Menyamarkan noda bekas jerawat
  • Membantu mengecilkan pori-pori
  • Menghilangkan jerawat
  • Mengatasi flek hitam
  • Mencegah penuaan dini
  • Melembabkan dan memerahkan bibir
  • Mengatasi bibir pecah-pecah
  • Menguatkan rambut dan membuatnya menjadi lebih berkilau
  • Menyamarkan garis kerutan di wajah
  • Dan masih banyak lagi

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai manfaat madu asli untuk kesehatan maupun pengobatan secara tradisional. Apabila Anda ingin mengonsumsi mardu murni sebaiknya pastikan untuk tidak mengonsumsi madu yang berasal dari nektar rhododendrom karena diduga bisa menimbulkan sejumlah efek samping. Namun apabila Anda lebih suka mengonsumsi madu kemasan, pastikan prosuk madu yang Anda pilih telah terdaftar di BPOM. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close