Parenting

7 Camilan Sehat Sehat Bagi Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Selain gula, terdapat beberapa pantangan makanan bagi penderita diabetes yang sebaiknya dihindari. Sehingga pnyandang diabetes atau diabetesi dituntut untuk lebih pintar juga teliti dalam hal memilih makanan, termasuk dalam memilih camilan diantara jam makan. Apabila Anda masih bingung, apa saja camilan sehat bagi penderita diabetes yang aman dikonsumsi, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

camilan sehat bagi penderita diabetes

Diabetes atau yang sering disebut dengan penyakit kencing manis, merupakan salah satu penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Hanya saja penyakit ini bisa dikontrol, dengan menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Selain obat, makanan juga menjadi salah satu faktor penentu normalnya kadar gula darah pada diabetesi. Karena jika sumber makanan yang dipilih tidak tepat, maka kadar gula darah dengan seketika akan melonjak naik.

Pada dasarnya, penderita diabetes dianjurkan untuk makan 3 kali dengan makan utama dan 2-3 kali camilan. Sama halnya dengan makanan utama, camilan juga harus terdiri dari perpaduan antara lemak, serat, protein serta karbohidrat sehat. Dengan begitu, camilan sehat bisa menjadi salah cara untuk mengontrol asupan kalori dan karbohidrat serta mem bantu menjaga kadar gula darah.

Selain dari pada itu, camiln yang tepat juga dapat membantu mnambah asupan nutrisi, meningkatkan energi serta menjaga berat badan diabetesi tetap stabil. Selain itu, upayakan juga untuk memilih camilan dengan nilai gula yang rendah, sehingga gula darah Anda tetap stabil dan tidak akan berpengaruh terhadap peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes khususnya.

Camilan sehat bagi penderita diabetes yang aman dikonsumsi

Ada beberapa pilihan camilan yang aman dikonsumsi, apabila Anda saat in i telah didagnosis menderita diabetes. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Buah-buahan

Meski umumnya memiliki rasa manis, penderita masih boleh mengonsumsi buah sebagai camilan. Namun pastikan buah yang dikonsumsi mengandung serat, vitamin, mineral serta antioksidan yang baik. Jangan pulu memilih buah-buahan nsegar yang dapat membuat gula darah Anda menjadi naik. Adapun buah-buahan yang aman bagi penderita diabetes untuk dijadikan sebagai camilan, diantaranya aialah apel, anggur, kiwi, anggur, lapukat dan juga kiwi.

2. Kacang kedelai dan produk olahannya

Pilihan camilan sehat lainnya untuk penderita diabetes adalah kacang kedelai dan olahannya. Hal tersebut dikarenakan camilan ini tinggi akan protein dan serat, namun rendah Gl sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Selain itu, kacang kedelai juga baik untuk penderita dibetes karena dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menurunkan resiko makan berlebihan.

3. Telur rebus

Camilan praktis yang satu ini mudah dibuat dan bik bagi penderita diabete lantaran kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Satu buah telur diketahui menyediakan 6 gr protein yang mana sangat berguna untuk diabetesi dalam mmencegah kadar gula darah meningkat setelah makan. Mengonsumsi telur rebus juga dapat membantu Anda menjadi kenyang lebih lama.

4. Kacang almond

Dalam satu ons kacang almond diketahui terkandung lebih dari 15 jenis vitamin dan mineral didalamnya. Dan satu ons kacang almond sendiri dapat memenuhi kebutuhan mangan perhari hingga 32% dan magnesium hingga 19%. Selain menurut sebuah penelitian, kacang almond juga diketahui memiliki kemampuan dalam menjaga kadar gula darah diabetes. Hal tersebut berkat kandungan serat, protein serta lemak yang terdapat didalamnya. Sehingga tak heran apabila kacang almond juga layak dijadikan sebagai camilan sehat penderita diabetes.

5. Coklat hitam

Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi coklat? Namun Anda harus memiliki coklat jenis dark chocolate atau coklat hitam dengan setidaknya mengandung 70% kakao. Batasi juga jumlah gula sekitar 15-30 gr perhidangan. Informasi mengnai komposisinya biasanya terdapat dibelakang kemasan. Coklat jenis ini dipercaya mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan meningkatkan kinerja hormon insulin, yang tentunya sangat baik bagi penderita diabetes.

6. Chia seed

Camilan sehat untuk penderita diabetes ini merupakan jenis biji-bijan yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Didalamnya terkandung serat yang cukup tinggi, yang mana mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah. Dengan begitu, kadar gula pada diabetesi dapat terkontrol dengan baik. Anda bisa mengolah chia seed menjadi puding yang nikmat. Hanya saja, tetap dalam batas konsumsi yang normal. Jika dikonsumsi berlebih, maka bisa beresiko kadar gula darah menurun, terlebih jika Anda juga mengonsumsi obat herbal diabetes.

7. Yogurt tanpa lemak dan gula

Makanan yang satu ini juga bisa menjadi pilihan sehat untuk asupan karbohidrat, lemak baik, protein serta probiotik. Meski camilan ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, Anda harus tetap memperhatikan informasi nilai gizinya yogurt sebalum mengonsumsinya. Karena sebagian besar prosuk yogurt rendah lemak, namun kandungan gulanya sangat tinggi. Usahakan pilih yogurt dengan kandungan protein tinggi (10-20 gr) serta kandungan karbohidrat gula yang rendah (kurang dari 15 gr).

Nah, itulah berbagai variasi camilan sehat bagi penderita diabetes yang aman untuk dinikmati. Namun tetap batasi jumlahnya dan imbangi dengan makanan lainnya. Apabila Anda masih ragu, tidak ada salahnya untuk langsung berkonsultasi dengan pakar gizi maupun dokter terdekat. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close