Manfaat

9 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan, Atasi Asam Urat Hingga Diabetes

Manfaat daun salam ternyata tak hanya sekedar untuk menambah aroma dan cita rasa masakan saja. Lebih dari itu, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa didalamnya terkandung banyak sekali kandungan senyawa alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, tumbuhan ini di sebut-sebut sebagai obat herbal asam urat yang efektif. Benarkah demikian? Sebaiknya simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut.

manfaat daun salam

Mengenal daun salam dan kandungan nutrisi didalamnya

Daun salam merupakan jenis tanaman herbal yang juga sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, lantaran memiliki aroma yang khas. Namun tak hanya sebatas menjadi penyedap masakan, tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Syzygium Polyanthum ini diketahui memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan. Hal tersebut karena baik daun maupun minyak nya mengandung antibakteri, antiperadangan, antioksidan, direutik dan sejumlah kandungan senyawa alami lainnya. Diantaranya seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Asam folat
  • Tembaga
  • Selenium
  • Besi
  • Seng
  • Mangan
  • Magnesium
  • Potasium
  • Kalsium

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari daun salam sendiri tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusannya secara rutin. Lalu, apa saja kegunaan daun salam untuk kesehatan?

Manfaat daun salam untuk kesehatan hingga pengobatan penyakit

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan daun salam.

1. Mengobati asam urat

Manfaat daun salam untuk asam urat mungkin telah dikenal oleh sebagian masyarakat. Caranya, cukup dengan meminum air rebusan daun salam dua kali sehari secara rutin, dan kadar asam urat Anda akan turun secara perlahan. Adapun alternatif lainnya, Anda juga bisa menggunakan minyak yang dihasilkan dari daun salam untuk mengurangi nyeri atau peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Hal tersebut lantaran kandungan antiinflamasi didalamnya.

Bahkan tak hanya asam urat, minyak daun salam juga bisa digunakan untuk mengura ngi nyeri lainnya nyang disebabkan oleh keseleo, ketegangan otot, arthritis, rematik hingga sakit kepala akibat migren.

2. Mengobati diabetes

Daun salam juga diketahui mampu membantu mengobati penyakit diabetes khususnya diabetes tipe 2. Hal tersebut lantaran kandungan dalam daun salam dapat membuat tubuh mampu memproses insulin menjadi lebih efisien.

Adapun menurut para peneliti, kandungan zat polifenol semacam antioksidan yang terkandung dalam ekstrak daun salam dipercaya mampu menurunkan gula darah tinggi pada penderita diabetes. Zat tersebut juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sehingga mampu mencegah terjadinya komplikasi penyakit jantung yang kerap kali menyerang pasien dengan diabetes.

3. Merlancar kan pencernaan

Manfaat daun salam lainnya juga diketahui baik untuk ppencernaan hingga bisa mengobati heratburt serta perut kembung. Adapun untuk mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi, asam lambung atau mulas dengan memanfaatkan daun salam, Anda bisa mengonsumsi air rebusannya hangat-hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan jahe dan madu ke dalamnya.

4. Mengobati batu ginjal

Kandungan alami yang terdapat dalam daun salam juga diketahui mampu mengurangi jumlah enzim urease. Dimana enzim tersebut merupakan penyebab batu ginjal serta gangguan pada lambung. Hanya saja sebelum Anda mengonsumsi air rebusan daun salam untuk mengobati masalah batu ginjal tersebut, Ada baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Membantu turunkan berat badan

Bagi Anda yang kini tengah menjalani program diet, mengonsumsi ramuan daun salam yang dikombinasikan dengan kayu manis bisa menjadi alternatif untuk mempercepat penurunan berat badan Anda. Manfaat kayu manis sendiri diketahui mengandung minyak esensial, antioksidan serta berbagai macam nutrisi yanjg dapat mempercepat metabolisme tubuh. Sehingga mampu meningkatkan pengeluaran energi juga penurunan berat badan.

Sedangkan daun salam mengandung zat direutik yang mampu merangsang pengeluaran cairan yang disimpan jaringan tubuh, yang terkait dengan kesulitan penurunan berat badan. Selain itu, senyawa dalam daun salam juga diketahui mampu mengempiskan perut, mencegah penumpukan gas serta mengurangi kambuhnya gangguan pencernaan.

6. Mengatasi haid tidak lancar

Beberapa diantara wanita mungkin mengalami masalah haid tidak teratur. Adapun salah satu cara alternatif untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan khasiat daun salam. Didalamnya diketahui terkandung senyawa alami yang mampu mengatasi haid yang tidak teratur hingga mengatasi masalah keputihan pada wanita.

7. Meredakan flu dan batuk

Apabila Anda kini tengah mengalami flu dan batuk, daun salam bisa menjadi salah satu solusi alternatifnya yang efektif. Caranya, rebus daun salam sebanyak 3 lembar, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, rendam kain dalam air rebusan tersebut dan usapkan pada bagian dada. Lakukan cara ini secara berulang, hingga flu dan batuk yang Anda alami reda.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa kandungan alami dalam daun salam seperti salisilat, fitonutrien dan asam caffeic sangat bermanfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan kesehatan jantung hingga mencegah stroke. Selain itu, daun salam juga diketahui mampu mengendalikan tekanan darah. Adapun untuk menurunkan tekanan darah, Anda bisa merebus 10 lembar daun salam dan konsumsi air rebusannya secara teratur setiap hari.

9. Mencegah kanker

Suatu penelitian melaporkan, bahwasannya manfaat ekstrak daun salam mampu mencegah pertumbuhan sel juga kanker lambung. Hal tersebut dikarenakan didalamnya terkandung antioksidan dan senyawa organik, yang mampu melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas penyebab terjadinya kaknker.

Waspadai efek samping daun salam

Meski terkandung banyak manfaat, daun salam juga diduga memiliki beberapa efek apabila cara penggunaan, dosis maupun orang yang mengonsumsinya tidak tepat. Seperti daun salam tidak dianjurkan dikonsumsi secara utuh karena diduga bisa memicu efek samping berupa gangguan pada tenggorokan maupun saluran pencernaan.

Pastikan juga sebelum hendak dikonsumsi, daun salam yang sebelumnya akan diolah dicuci terlebih dahulu hingga bersih dan dimasakan hingga benar-benar matang. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah munculnya bakteri dari daun salam mentah yang bisa menimbulkan infeksi. Daun salam juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui serta pasien yang akan menjalani operasi bedah. Sedangkan pada penderita diabetes, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi ramuan ini.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat daun salam, cara pengolahan hingga efek sampingnya yang kemungkinan bisa saja muncul. Semoga setelah menyimak informasi tersebut, Anda bisa lebih bijak dalam memanfaatkan herbal disekitar Anda termasuk daun salam ya. Salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close