Parenting

Tips Dan Cara Mengobati Sariawan Di Mulut Dengan Cepat Secara Alami

Cara mengobati sariawan tak hanya bisa dilakukan dengan dengan obat generik atau antibiotik dari apotik saja lho. Ada juga beberapa obat sariawan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah sariawan yang cukup mengganggu. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

cara mengobati sariawan

Pada dasarnya, penyebab sariawan hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun, sariawan yang umumnya terjadi di bibir, lidah dan area sekitar mulut lainnya lebih bersiko muncul saat Anda sedang stres, terjadinya infeksi virus atau jamur, alergi terhadap makanan hingga kekurangan vitamin dan mineral.

Selain dari pada itu, adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, perubahan hormon, siklus menstruasi, adanya cidera pada lidah atau dinding mulut karena tergigit serta luka di mulut juga bisa menjadi faktor lainnya yang menyebabkan timbulnya sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan cepat secara alami

Sariawan di mulut terkadang bisa menetap hungga beberapa minggu bahkan meninggalkan bekas luka. Hanya saja, sariawan juga biasanya akan hilang dan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 10-14 hari. Nah apabila Anda tidak tahan harus menunggu kurang lebih selama 2 minggu, maka beberapa cara mengobati sariawan secara alami ini bisa menjadi pilihan untuk mempercepat penyembuhan. Diantaranya sebagai berikut.

1. Berkumur dengan larutan garam

Meski akan terasa sakit, namun berkumur dengan larutan garam atau larutan baking soda bisa membantu Anda mempercepat penyembuhan sariawan. Untuk caranya, Anda bisa mencampur 1 sendok teh baking soda dengan 200 ml air hangat. Setelah itu, kemudian berkumur dengan larutan ini sekitar 15-30 detik. Ulangi cara ini hingga beberapa kali dalam sehari.

2. Perbanyak minum air putih

Minum banyak air terutama air dingin, mampu membantu Anda menringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Selain itu, Anda juga bisa menemplekan bongkahan kecil es batu diatas sariawan hingga meleleh sebagai salah satu cara mengatasi sariawan secara alami.

3. Mengonsumsi makanan bergizi

Cara alami mengobati sariawan selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan, sayuran serta buah-buahan yang kaya akan vitamin C, vitamin B serta zat besi. Hal tersebut dikarenakan kekurangan berbagai nutrisi tersebut bisa memicu sariawan. Apabila diperlukan Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C serta vitamin B kompleks yang mana dipercaya mampu mempercepat penyembuhan.

4. Mengoleskan magnesium hodroksida

Magnesium hidroksida ialah antasida yang umumnya digunakan bersamaan dengan alumunium hidroksida yang bisa meredakan gangguan pencernaan seperti asam lambung. Sehingga tak jarang zat ini sering ditemukan dalam obat maag cair.

Namun selain itu, zat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sariawan. Magnesium hidroksida dipercaya mampu menurunkan tingkat keasaman di mulut sehingga sariawan tidak mampu berkembang, mencegah iritasi hingga mengurangi rasa sakit. Untuk caranya, Anda bisa mengoleskan magnesium hidroksida cair ke bagian sariawan beberapa kali sehari guna mengatasi keluhan Anda.

5. Memanfaatkan madu

Cara mengobati sariawan dengan madu bisa menjadi alternatif selanjutnya yang mudah dan aman dilakukan termasuk pada anak. Kandungan senyawa antiseptik dan antibakteri didalamnya diduga menjadi alasan kuat mengapa bahan alami yang satu ini cukup efektif untuk mengobati sariawan.

Untuk caranya, cukup oleskan madu pada bagian yang terpapar sariawan hingga beberapa kali dalam sehari. Lakukan secara teratur hingga sariawan Anda hilang. Selain madu, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sariawan, salah satunya ialah jeruk nipis.

Tips agar sariawan tidak semakin parah

Tak hanya dengan melakukan beberapa cara alami mengobati sariawan diatas, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut agar sariawan tidak semakin parah dan lekas sembuh. Diantaranya:

  • Menyikat gigi secara rutin serta menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang pedas karena bisa memicu iritasi serta nyeri lebih lanjut.
  • Menyikat gigi secara perlahan serta gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi bebas detergen.
  • Mengonsumsi makanan lunak, yang mudah ditelan, dipotong kecil-kecil ataupun di haluskan.
  • Tidak menyentuh sariawan lantaran bisa mengganggu proses penyembuhan bahkan bisa memicu infeksi semakin menyebar.
  • Tidak mengonsumsi makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang mampu melukai sariawan. Hindari juga minuman bersoda atau beralkohol, rokok serta makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas maupun terlalu dingin.
  • Berkumur dengan mouthwash atau obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Apabila mulut terasa sakit, maka gunakan sedotan apabila ingin minum.
  • Berhenti merokok.

Nah itulah berbagai cara mengobati sariawan secara alami lengkap dengan tipsnya. Namun, apabila berbagai cara diatas tidak memberikan dampak perubahan pada sariawan Anda, maka sebaiknya segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat. Terlebih apabila luka sariawan semakin membesar, menyebar, tak kunjung hilang dalam kurun waktu 3 minggu serta terasa sakit meski telah mengonsumsi obat antinyeri. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close