KesehatanParenting

8 Gejala Batu Ginjal Pada Pria Dan Wanita Yang Perlu Diwaspadai

Pada dasarnya, gejala batu ginjal begitu beragam. Dan umumnya berbagai gejala tersebut mulai dirasakan saat ukuran batu ginjal sudah mulai membesar, tertahan dalam ginjal hingga menghalangi urine dari ginjal ke kandung kemih. Maka dari itu, ciri-ciri batu ginjal sangat penting untuk dikenali sejak dini. Hal tersebut dikarenakan apabila masalah kesehatan ini tidak terdeteksi atau ditangani sedini mungkin, maka ukuran batu ginjal akan semakin membesar hingga akhirnya memicu komplikasi yang berbahaya seperti halnya pendarahan hingga infeksi ginjal.

Gejala batu ginjal pada pria dan wanita

gejala batu ginjal

Batu ginjal sejatinya terbentuk pada saat limbah dalam darah menumpuk serta mengkristal dalam ginjal. Dan berikut adalah berbagai tanda serta gejala penyakit batu ginjal yang mana sering dialami oleh penderitanya.

1. Sakit saat berkemih

Salah satu gejala batu ginjal yang umum terjadi ialah timbulnya rasa nhyeri saat berkemih. Kondisi ini terjadi saat batu gi njal seda ng berada di ureter (saluran kemih dari ginjal ke kandung kemih), tepatnya di perbatasan sebelum masuk ke kandung kemih. Meski begitu, gejala yang satu ini tak selalu berkaitan dengan batu ginjal. Infeksi saluran kemih juga bisa menjadi salah satu faktor pemicunya.

2. Sering buang air kecil

Gejala lainnya dari batu ginjal ialah sering buang air kecil padahal Anda tidak sedang banyak minum. Bahkan, keinginan untuk buang air kecil bisa menjadi tak tertahankan. Kondisi ini umumnya terjadi pada saat batu ginjal mulai bergerak ke bawah saluran kencing.

3. Urine berwarna keruh dan beraroma tidak sedap

Kondisi batu ginjal bisa saja bersamaan dengan terjadinya infeksi saluran kemih. Maka dari itu, urine yang berwarna keruh serta berbau tidak sedap juga bisa menjadi gejala salah satu ciri-ciri batu ginjal. Adapun urine yang berwarna keruh bisa disebabkan oleh nanah ataupun tingginya kadar sel darah putih dalam urine. Sedangkan bau busuk pada urine bisa dipicu oleh adanya bakteri pada urine yang pekat.

4. Terdapat darah dalam urine

Adanya urine dalam darah atau hematuria juga bisa menjadi salah satu pertanda Anda menderita batu ginjal. Hal tersebut dikarenakan batu bisa melukai saluran kemih dalam perjalanannya dari ginjal ke bawah. Adapun darah yang terdapat pada urine bisa berwarna merah muda, merah atau coklat. Hanya saja, darah yang terdapat dalam urine tersebut sangat sedikit (mikrohematuria), yang menyebabkan hanya bisa dilihat dengan mikroskop saat dilakukan tes lab urine.

5. Mengalami anyang-anyangan

Kencing sdikit atau anyang-anyangan juga bisa menjadi salah satu pertanda dari kondisi batu ginjal. Kondisi tersebut bisa terjadi pada saat batu ginjal tersangkut di ureter serta menghambat aliran urin. Sehingga pada akhirnya, urin akan sampai ke kandung kemih sedikit demi sedikit. Apabila penyumbatan dalam saluran kencing sudah parah, maka Anda bisa mengalami tidak kencing sama sekali. Kondisi ini tentunya memerlukan penanganan medis dengan cepat.

6. Nyeri pada punggung hingga perut

Timbulnya rasa nyeri pada pinggang, punggung bahkan perut juga bisa menjadi pertanda lainnya dari penyakit batu ginjal. Rasa nyeri tersebut bisa muncul pada saat batu bergerak didalam ureter. Hal tersebut juga menyebabkan aliran urine dari ginjal menjadi terhambat, sehingga tekanan di ginjal menjadi tinggi.

Tekanan tersebutlah yang kemudian mengaktifkan saraf untuk mengirim sinyal sakit ke otak. Adapun nyeri yang timbul bisa terjadi secara tiba-tiba, hilang timbul hingga terasa semakin parah pada saat ureter berkontraksi dan mendorong batu keluar. Bahkan rasa sakit tersebut juga terkadang tak hanya sebatas pada area pinggang, punggung dan perut saja, namun juga bisa menjalar hingga ke selangkangan.

7. Demam

Demam merupakan salah satu tanda dari penyakit yang umum, namun juga bisa mejadi salah satu gejala dari batu ginjal. Gejala yang satu ini biasanya sering dialami saat batu ginjal yang diderita telah menyebabkan komplikasi serius.

8. Mual dan muntah

Pada dasarnya, saraf pada ginjal dan saluran pencernaan saling terkoneksi. Sehingga, pada saat seseorang mengalami batu ginjal mungkin penderitanya akan merasakan ketidaknyamanan pada perut sehingga memicu mual dan muntah. Kondisi tersebut juga umum nya menjadi respon dari tubuh terhadap nyeri yang hebat.

Nah itulah berbagai tanda dan gejala batu gi jal yang bisa terjadi pada pria, wanita, anak maupun dewasa yang perlu dipahami serta diwaspadai sejak dini. Karena selain menggganggu kenyamanan, berbagai gejala tersebut juga bisa menunda aktivitas harian Anda. Maka dari itu, Anda bisa segera mengonsumsi obat batu ginjal herbal atau segera memeriksakannya ke pusat kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close