KesehatanParenting

Pilihan Menu Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat

Terdapat berbagai langkah yang dapat dilakukan sebagai cara menurunkan kolesterol, salah satunya dengan mengatur pola makan. Karena nyatanya terdapat beberapa jenis makanan penurun kolesterol tinggi yang patut Anda coba untuk konsumsi. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa bisa simak ulasan berikut.

makanan untuk menurunkan kolesterol

Pada dasarnya, tubuh memerlukan kolesterol guna membantu pembentukan sel-sel sehat. Namun, kadar kolesterol yang terlampau tinggi justru bisa memicu pembentukan plak yang bisa menyumbat pembuluh darah. Dimana kondisi tersebut akhirnya bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kronis seperti halnya stroke serta penyakit jantung.

Pilihan menu makanan penurun kolsterol

makanan penurun kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah pada dasarnya bisa dikendalikan. S alah satunya yakni dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan maupun minuman penurun kolesterol. Diantaranya seperti:

1. Sayuran hijau

Mengonsumi bayam dan kankung diketahui telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut dikarenakan didalamnya terkandung antioksidan yang mampu mengikat asam empedu yang terbuat daripada kolesterol. Dengan begitu, hal tersebut bisa mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

2. Kacang-kacangan

Makanan sehat yang satu ini juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal tersebut lantaran didalamnya terkandung fitosterol, yang mana didalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

3. Pisang

Mungkin sebelumnya tak ada yang menyangka, bahwa buah pisang juga termasuk makanan penurun kolesterol untuk pria maupun wanita. Hal tersebut lantaran buah yang satu ini kaya akan kandungan zat inulin yang mana mampu mengurangi kolesterol dalam makanan yang Anda konsumsi. Dengan begitu, dengan mengonsumsi pisang bisa membantu Anda untuk mengendalikan kolesterol.

4. Oat

Jenis makanan yang terbuat dari gandum ini diktahui mengandaungh beta glucan yang mana bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain dari pada itu, beta glucan yang terdapat dalam oat juga diketahui mampu mengurangi penyerapan kolesterol yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

5. Teh hijau

Salah satu minuman herbal seperti teh hijau juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam dalam darah Hal tersebut lantaran didalamnya terkandung katekin (catechin) yang mana diketahui mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

6. Susu kedelai

Selain teh hijau, mengonsumsi susu kedelai juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Didalam susu kedelai sendiri terkandung isoflavon, yang mana berguna unruk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bahkan tak hanya susu kedelai, makanan olahan dari kacang kedelai lainnya juga memiliki isoflavon yang cukup tinggi, seperti halnya tahu dan tempe.

Selain dari pada mengonsumsi berbagai makanan penurun kolesterol diatas, Anda juga mengonsumsi produk olahan yang mengandung serat larut beta glucan serta inulin, sebagai upaya untuk mempermudah penurunan kolesterol Anda. Kedua jenis serat larut tersebut diketahui mampu membuat sistem pencernaan bekerja menjadi lebih optimal, sekaligus mampu menurunkan kadar kolesterol.

Anda juga bisa mengonsumsi vitamin B1 dan B2, guna melancarkan proses pencernaan serta pembakaran lemak juga karbohidrat secara lebih baik. Hal ini juga bisa membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Bahkan tak hanya mengatur pola makan, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol sekaligus mempertahankannya tetap normal. Diantaranya seperti dengan berolahraga secara teratur, kurangi makanan berlemak, berhenti merokok serta hindari mengonsumsi alkohol.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close