Parenting

4 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik Yang Perlu Diwaspadai

Sejatinya, makanan penyebab asam lambung naik merupakan jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita sakit maag maupun gastroesophageal reflux disease (GERD). Hal ini sangat penting lantaran bisa mencegah kambuhnya gejala hingga terjadinya komplikasi. Lalu, makanan apa saja yang bisa menyebabkan asambung naik? ketahui jawabannya dengan menyimak ulasan singkat berikut.

asam lambung naik

Gejala asam lambung naik pada penderita sakit maag serta penyakit asam lambung (GERD), umumnya ditandai dengan mulut yang terasa pahit dan asam, rasa nyeri pada ulu hati serta gejala lainnya yang sangat mengganggu. Rasa tidak nyamana tersebut bisa berlangsung dalam hitungan menit hingga jam.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya asam lambung naik (refluks), maka sangat penting bagi Anda untuk mengatur pola makan sebaik-baiknya, termasuk memperhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi serta menhindari makanan penyebab asam lambung naik.

Berbagai jenis makanan penyebab asam lambung naik

makanan penyebab asam lambung naik

Berikut adalah berbagai jenis makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik dan sebaiknya perlu Anda hindari:

1. Makanan asam

Makanan penyebab asam lambung naik yang pertama ialah buah-buahan atau makanan yang memiliki rasa asam. Dia ntaranya seperti jeruk, lemon, stoberi serta makanan yang mengandung cuka. Kandungan asam yang terdapat berbagai macam makanan ini diketahui mampu memicu nyeri ulu hati yang terasa perih seperti terbakar, terlebih apabila makanan tersebut dikonsumsi pada saat perut dalam keadaan kosong.

2. Makanan pedas

Jenis makanan yang satu ini juga sebaiknya dihindari oleh penderita sakit maag maupun penyakit asam lambung. Kandungan capsaicin yang terdapat dalam makanan pedas diketahui mampu memperlambat pengolahan makanan di lambung. Sehingga lambung akan menjadi penuh dalam waktu yang lama. Kondisi tersebut nyatanya bisa memicu kambuhnya nyeri ulu hati.

Tak hanya itu, makanan pedas juga bisa mengiritasi dinding lambung yang telah mengalami peradangan, terlebih pada penderita maag kronis. Dan dengan mengonsumsi makanan pedas tentu bisa memperparah kondisi ini. M aka dari itu, kurangi atau hindarilah mngonsumsi makanan yang mengandung cabai maupun lada.

3. Gorengan

Memiliki kadar lemak yang cukup tinggi, menjadikan makanan yang banyak di sukai orang ini termasuk makanan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik. Karena makanan yang banyak lemak sendiri bisa memicu hormon kolesistokinin. Dimana salah satu efek dari hormon tersebut mampu melemaskan otot sfingter antara lambung dan kerongkongan yang mana berguna untuk menahan makanan tetap berada di lambung. Adapun jika otot ini terbuka, maka asam lambung bisa naik ke krongkongan.

Selain gorengan, makanan tinggi lemak lainnya yang diduga bisa memicu asam lambung naik diantara nya ialah daging sapi, daging kambing, susu full cream serta produk olahan susu seperti yogurt, keju serta butter.

4. Cokelat

Makanan yang satu ini diketahui mengandung cocoa, lemak, kafein serta teobromine yang mana kesemuanya bisa memicu refluks. Jika ingin tetap makan coklat, maka Anda bisa mengonsumsi coklat hitam (dark chocolate). Jenis coklat yang satu ini diketahui mengandung lebih sedikit zat-zat penyebab refluks tersebut. Sehingga resiko terjadinya refluks lebih rendah. Meski begitu, mengonumsinya harus tetap dibatasi.

Selain berbagai makanan diatas, terdapat pula beberapa jenis minuman yang sebaiknya Anda hindari. Seperti halnya minuman berosda dan minuman berkafein. Hal ersebut karena kedua jenis minuman tersebut bersifat asam. Selain itu, gelembung gas yang terdapat dalam minuman bersoda juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Tips mengurangi resiko asam lambung naik

Selain menghindari berbagai makanan penyebab asam lambung naik, beberapa tips dibawah ini juga membantu Anda dalam mengurangi resiko naiknya asam lambung. Diantaranya seperti:

  • Perbanyak minum air putih
  • Batasi asupan kafein, sehingga Anda bisa mengganti kopi dengan teh chamomile ataupun teh hijau.
  • Konsumsi makanan ramah lambung, seperti oatmeal, putih telur serta makanan yang mengandung lemak sehat (alpukat, kacang kenari, minyak wijen dan minyak zaitun).

Meski mungkin tidak mudah, namun menghindari makanan penyebab asam lambung naik sebaiknya dilakukan. Karena memprioritaskan kesehatan btentu juh lebih penting dibanding kenikmatan makanan sementara. Dn seperti yang telah di dampaikan diatas, bahwa apabila pola makanan penderita maag atau GERD tidak dijaga dengan baik, maka bisa memicu terjadinya komplikasi yang serius. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close