Manfaat

6 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Pencernaan Hingga Jantung

Mungkin sebagian dari pada kita hanya mengenal asam jawa sebatas rempah yang sering digunakan dalam bumbu masakan. Namun lebih dari itu, asam jawa juga ternyata menawarkan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Lalu apa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan? selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

manfaat asam jawa

Pada dasarnya, asam jawa sering kali diolah dalam bentuk jamu serta permen. Disamping itu, buah yang memiliki kombinasi rasa asam dan manis ini juga serning dijasikan sebagai salah satu alternatif pengobatan diberbagai belahan dunia. Hal tersebut karena memang didalamnya terkandung sejumlah nutrisi dan berbagai kandungan alami yang dapat menyehatkan tubuh. Diantaranya meliputi:

  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Beta karoten
  • Vitamin K
  • Zat antioksidan
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kalium
  • Natrium
  • Seng

Selain itu, didalamnya juga terkandung senyawa polifenol yang memiliki sifat antioksidan serta antiperadangan. Dimana senyawa tersebut selain baik untuk kesehatan juga dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan tertentu.

Khasiat dan manfaat asam jawa bagi kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat asam jawa yang telah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya hanya untuk Anda.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Buah yang juga dikenal dengan tamarin ini dipercaya bisa menjadi obat pencahar herbal lantaran kandungan serat yang cukup tinggi didalamnya. Diketahui asam jawa mengandung 6 gr serat tidak larut sehingga dapat membuat feses menjadi lebih mudah melewati anus. Adapun dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 terkait manfaat asam jawa untuk kesehatan manusia, memperlihatkan adanya asam kalium pada buah ini. Sehingga hal ini membuat asam jawa dipercaya efektif menjadi obat pencahar.

Selain dari pada itu, ditemukan pula bahwa anak-anak di Afrika sering kali menjadikan asam Jawa sebagai bagian dari sarapan mereka guna mengatasi masalah sembelit.Mereka biasanya akan mencampur buah masam yang belum matang dengan jus jeruk nipis juga madu. Maka dari itu, mengonsumsi minuman yang mengandung asam jawa dipercaya dapat membantu masalah gangguan pencernaan seperti halnya diare serta sembelit.

2. Menyehatkan jantung

Kadungan poliffenol serta flavonoid dalam asam jawa bersifat antioksidan bagi tubuh.sebut dibuktikn lewat dengan perantara suatu penelitian yang mana melibatkan binatang percobaan guna melihat efek ekstrak tamarin terhadap hewan yang memiliki kolesterol tinggi.

Dan dari hasil uji coba tersebut menunjukkan, bahwa adanya penurunan kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol total serta trigliserida. Dan ekstrak asam jawa yang diberikan pada hewan tersebut juga diketahui menyerap bahkan bisa membantu membersihkan LDL dari jaringan saraf. Sehingga, kandungan antioksidan dalam buah ini dipercaya mampu membantu menurunkan bahaya oksidatif yang mana bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

3. Mengontrol diabetes

Bagi sebagaian para diabetesi, mungkin tidak asing dengan manfaat buah asam jawa yang satu ini. Dalam sebuah uji coba yang dilakukan pada hewan, ekstrak asam jawa yang telah dicairkan diketahui berperan sebagai antidiabetes yang cukup kuat.

Dan masih pada penelitian yang sama, pemberian ekstrak asam jawa tanpa gula merah juga bisa menurunkan resiko hiperglikemia lantaran kandungan magnesium didalamnya yang cenderung cukup tinggi, yakni 28 gr. Meski kandungan gulanya cukup tinggi, namun magnesium yang terdapat didalamnya memiliki perananan penting atas 600 fungsi organ tubuh manusia, termasuk salah satunya sebagai antidiabetes.

4. Menurunkan berat badan

Dilansir dari sebuah jurnal terkait efek tumbuhan Asia terhadap kesehatan manusia, asam jawa termasuk ke dalam kategori buah yang dipercaya mampu menurunkan resiko obesitas. Adapun obesitas sendiri merupakan kondisi pada saat kadar lemak tubuh seseorang meningkat secara berlebihan, terlebih dalam jaringan adiposa (lemak).

Selain itu, uji coba yang dilakukan pada tikus gemuk juga menujukkan bahwa pemberian ekstrak asam jawa terbukti mampu menurunkan berat badan. Hal tersebut diketahui karena kandungan zat asam hidroksitikit atau HCA yang dapat menghambat penyimpanan lemak di tubuh. Meski dampaknya mungkin tidak terlalu besar, namun asam jawa juga mampu menekan napsu makan lantaran terdapat peningkatan kadar serotonin.

5. Meningkatkan kesehatan organ hati

Pada sebuah eksperimen terhadap hamster, terlihat bahwa ekstrak hidroalkohol dari asam tamarin dapat membantu meningkatkan sistem, antiperadangan untuk organ hati. Pada dasarnya, alkohol dan zat perusak organ liver bisa meningkatkan resiko penyakit hati bahkan menjadi salah satu penyebab apoptosis (proses matinya sel-sel yang tidak diperlukan tubuh).

Dan pada hewan yang mengalami kecanduan alkohol akut terlihat bahwa asam jawa memiliki efek anti-apoptosis yang bisa melindungi liver. Sehingga tak heran apabila asam jawa dipercaya oleh banyak orang bisa membantu mengurangi terjadinya kerusakan liver. Meski demikian diperlukan penelitian yang bisa membuktikan bahwa efek asam tamarin memilik manfaat baik untuk organ hati manusia.

6. Mencegah kanker

Khasiat asam jawa lainnya juga dipercaya mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Hal ini dikarenakan didalamnya terkandung zat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi tingkat keparahan gagal ginjal akut serta kanker ginjal.

Manfaat asam jawa lainnya

Selain dari pada yang telah dipaparkan diatas, asam jawa juga masih memiliki sejumlah keistimewaan lainnya bagi kesehatan Anda diantaranya mampu meningkatkan sistem imun tubuh, menyehatkan rahim, menurunkan demam, mempercepat penyembuhan luka, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan otak, hingga mengobati sejumlah masalah kesehatan. Diantaranya seperti amandel pada anak, luka pada usus, mata kering, flu dan batuk, asma dan nyeri haid. Bahkan tak hanya untuk kesehatan, asam jawa juga diketahui memiliki sejumlah khasiat untuk kecantikan, seperti salah satunya untuk menyamarkan flek hitam di kulit wajah.

Nah itulah berbagai manfaat asam jawa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Namun saat Ada mengonsumsi buah yang satu ini, sebaiknya anda juga mengontrol asupan kalori Anda, lantaran asam jawa diketahui memiliki total kalori yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui serta tidak disarankan dikonsumsi sejak dua minggu akan menjalani operasi lantaran bisa memicu efek samping seperti mengganggu kadar gula darah, selama maupun sesudah operasi.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close