Manfaat

Tak Di sangka, Ini Manfaat Daun Saga Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Tak hanya sekedar menjadi tumbuhan liar, manfaat daun saga ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan tumbuhan ini telah dipercaya menjadi obat tradisional sejak zaman dulu untuk berbagai masalah kesehatan. Tak sedikit masyarakat yang meyakini bahwa tanaman obat ini mampu mengatasi batuk, pilek demam dan penyakit lainnya. Lalu, bagaimana pemb uktiannya secara medis? ketahui informasi slengkapnya hanya dalam ulasan berikut.

Mengenal mdaun saga dan sederet kandungan alami didalamnya

manfaat daun saga

Daun saga merupakan tanaman yang tumbuh liar di ladang, kebun, hutan ataupun sengaja ditanaman di pekarangan sebagai tanaman rambat. Tumbuhan yang memiliki nama latin Abrus precatorius ini diketahui memiliki bentuk daun majemuk bersisip ganjil. Bunga sanga sendiri umumnya berwarna ungu muda, sedangkan bijinya berwarna merah dengan bintik hitam.

Meski tergolong sebagai tanaman liar, namun tanaman ini ternyata menyimpan manfaat untuk kesehatan. Bahkan khasiatnya sebagai obat herbal tak hanya terkenal dan dimanfaatkan di Indonesia. Namun juga di berbagai negara lainya, seperti di Cina, Afrika, Brazil, India, Afganistan dan ne lainnya. Dan berdasarkan suatu penelitian, terdapat setidaknya 30 bahan kimia yang terkandung baik di daun, akar, biji serta bunganya.

Hanya saja, bagian daun saga yang dimanfaatkan untuk pengobatan. Karena didalamnya diyakini mengandung banyak senyawa alami dibanding bagian tumbuhan saga lainnya. Adapun berbagai kandungan zat alami yang terkandung dalam daun saga ialah:

  • Protein
  • Vitamin A, B1, B6 dan C
  • Saponin
  • Flavonoid
  • Tanin
  • Alkaloid
  • Kalsium
  • Oksalat
  • Glisiriszin
  • Flisirizinat
  • Polygalacturomic acid
  • Pentosan

Selain dari pada itu, didalam daun saga juga terkandung beberapa senyawa bahan kimia seperti luteolin, isoorientin, L-Abrine, Precatorin I, II, III, abruquinone D, E, F, abrussaponin I, II, gallic acid, trigonelline, agglutinin-I serta abrusin.

Khasiat dan manfaat daun saga

Berikut adalah berbagai manfaat daun saga yang penting untuk Anda ketahui.

1. Menurunkan demam

Dalam pengobatan tradisional Cina, daun saga telah sejak lama digunakan untuk turunkan demam dengan mengolahnya sebagai ekstrak atau teh herbal. Meski manfaat daun saga telah sejak lama digunakan untuk mengatasi demam, namun sebenarnya belum ada uji klinis kuat yang terbukti secara medis.

2. Mengobati sariawan

Daun saga juga telah lama dikenal mampu mengatasi sariawan. Caranya, Anda bisa memngambil daun saga kering, kemudian kunyah daunnya namun jangan sampai ditelan. Selain itu, Anda juga bisa membuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga untuk mengatasi sariawan atau panas dalam Anda. Caranya, rebus 10 gr daun saga dengan 1/2 liter air hingga mendidih. Daring dan gunakan air rebusan tersebut 2-3 kali.

3. Melawan bakteri jahat

Dalam sebuah penelitian, daun saga juga diketahui mengandung senyawa saponin, yang mana berkhasiat sebagai antibakteri pada kadar 0,09%. Hasil pengujian pada ekstrak daun saga yang didapat ialah sebesar 1,19% yang mana berarti positif sebagai antibakteri lantaran telah melewati batas minimum pengujian sebelumnya.

4. Mengatasi diare

Khasiat daun saga selanjutnya ialah mampu mengatasi diare. Rebusan daun serta batang saga dipercaya mampu mengatasi masalah kesehatan tersebut serta masalah pencernaan lainnya.

5. Meningkatkan nafsu makan

Anda juga bisa mengandalkan daun saga sebagai obat penambah nafsu makan alami. Daun saga sendiri diketahui mengandung vitamin B yang mana berfungsi untuk membantu menambah nafsu makan.

6. Mengatasi sakit perut

Dalam pengobatan tradisional di Afrika Timur, masyarakat disana sering memanfaatkan daun saga untuk mengatasi sakit perut dengan cara mengolah daun saga untuk dijadikan jus ataupun dimakan secara langsung. Se ain itu, sakit perut juga bisa diatasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup untuk melancarkan dan mengeluarkan racun melalui buang air besar serta istirahat.

7. Merawat rambut rontok

Rambut Anda kini mudah rapuh dan rontok? Cobalah untuk mema nfaatkan daun saga untuk perawatan alaminya. Caranya, haluskan biji saga, kemudian campurkan dengan air beras guna membantu mengatasi rambut rontok dan mempertahankan keindahan rambut Anda.

8. Mencegah diabetes hingga kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi didalam daun saga diketahui memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Antioksidan sendiri sejatinya telah sejak lama dikenal mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh, yang mana biasanya bisa memicu penyakit diabetes hingga penyakit kronis lainnya mseperti kanker.

Nah itulah berbagai manfaat daun saga bagi kesehatan. Sehingga beberapa literatur bisa menyimpulkan, bahwasannya daun saga cukup menjanjikan sebagai agen obat multiguna alami lantaran memiliki aplikasi farmakognostik serta farmakologis yang cukup potensial. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close