Manfaat

Selain Baik Untuk Mata, Ini 7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Lainnya

Tahukah Anda? ternyata saat pertama kali ditemukan, wortel tidak dikonsumsi sebagai makanan melainkan dimanfaatkan sebagai obat. Hal ini membuktikan bahwasannya umbi yang satu ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat wortel selengkapnya bagi tubuh, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

Mengenal kandungan nutrisi dalam wortel

manfaat wortel

Anda mungkin tak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Ya, wortel yang memiliki nama katin Daucus carota L. ini merupakan sejenis umbi akar yang terbentuk pada bagian akar tanaman. Makanan yang disukai oleh kelinci ini umumnya memiliki banyak warna. Mulai dari ungu kehitaman, putih, kuning, oranye serta merah seperti buah bit. Hanya saja, di Indonesia sendiri wortel yang biasanya di jual di pasaran memiliki warna kuning cerah dan oranye.

Meski mulanya dikenal sebagai obat-obatan, namun wortel tetap memiliki banyak manfaat meski saat dijadikan makanan. Anda sendiri bisa mengolahnya menjadi sup, salad, campuran jus, keripik atau dimakan mentah langsung. Hal tersebut dikarenakan wortel sendiri dikenal sebagai makanan yang penuh akan nutrisi juga manfaat. Adapun menurut data Kemenkes RI , dalam 100 gr wortel segar, Anda bisa memanfaatkan 80% umbinya. Dan berikut adalah berbagai kandungan nutrisi dalam wortel yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  • Makronutrien : Air 89.9 g, Energi 36 kal, protein 1.0 g, lemak 0.6 g, karbohidrat 7.9 g, serat 1.0 g
  • Mineral: Kalsium 45 mg, fosfor 74 mg, zat besi 1.0 mg, sodium 70 mg, kalium 245.0 mg, tembaga 0.06 mg, seng 0.3 mg
  • Vitamin dan antioksidan: Beta-karoten 3.784 mcg, total karoten 7.125 mcg, thiamin 0,04 mg, riboflavin (vit. B2) 0,04 mg, niasin 1,0 mg, vitamin C 18 mg
  • Alpha karoten
  • Lutein
  • Lycopene dan antosianin
  • polyace tylenes

Khasiat dan manfaat wortel untuk kesehatan

Mungkin anda mengenal wortel sebagai salah satu makanan atau sayuran yang memiliki khasiat tinggi untuk mata. Hal tersebut memang dikarenakan dalam sayuran ini terkandung vitamin A yang sangat tinggi. Sehingga manfaatnya dikenmal mampu mencegah berbagai gangguan pada mata. Seperti halnya glaukoma, katarak serta kelainan refraksi (miopi, hipermetropi serta astigmatisme.

Namun selain itu, nyatanya wortel juga memiliki khasiat lainnya yang cukup melimpah untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. diantaranya sebagai berikut.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Wortel tak hanya kaya akan vitamin A saja, melainkan juga tinggi akan vitamin C. Apabila Anda termasuk orang yang mdah tertular flu atau pilek, maka sebaiknya perbanyaklah makan wortel. Vitamin C yang berasal dari wortel mampu mndukung sistem imun tubuh menjadi lebih kuat.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Apabila Anda kini tengah melakukan program diet, maka minum jus wortel tanpa gula bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Meski terasa manis, namun rendah akan kalori. Selain itu, jus wortel juga diketahui mampu meningkatkan sekresi empedu. Dan itu artinya, metabolisme akan meningkat lantaran tubuh harus mengubah makanan menjadi energi. Ini bisa mengisi perut Anda yang kosong serta memberi Anda energi meski tidak makan.

3. Mencegah kanker

Salah satu manfaat wortel yang tak boleh di lewatkan ialah potensinya yang dianggap mampu mencegah penyakit mematikan seperti kanker. Bahkan tak sedikit studi yang menunjukkan, bahwasannya kandungan nutrisi wortel mampu melindungi tubuh Anda dari ancaman kanker. Hal tersebut karena umbi yang satu ini sarat akan antioksidan didalamnya.

Pada salah satu studi melaporkan, bahwasannya manfaat beta karoten yang terdapat dalam wortel dengan pengembangan resiko kanker paru-paru. Antioksidan tersebut disebut mampu mencegah terbentuknya kanker di paru, yang mana bisa Anda dapat dari sayur dan buah, seperti halnya wortel. Selain kanker paru, mengonsumsi wortel secara rutin juga mampu mencegah beberapa jenis kanker lainnya seperti kanker darah (leukimia) serta kanker usus.

4. Mengontrol tekanan darah

Kandungan serat, kalium yang lengkap dengan antioksidan seperti lycopene dalam wortel, dipercaya mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Bahkan wortel juga diketahui tidak mengandung kolesterol jahat, sehingga baik untuk pembuluh darah. Untuk itu, konsumsilah wortel serta sayuran dan buah segera lainnya agar tekanan darah Anda tetap terjaga. Sehingga Anda bisa terhindar dari ancaman hipertensi hingga penyakit jantung.

5. Menjaga kesehatan mulut

Tak hanya dengan menggosok gigi secara rutin, mengonsumsi sayuran juga ternyata bisa melindungi gigi Anda. Ya, dengan mengunyah wortel, seledri serta sayuran berserat dan kuat kainnya ternyata mampu merangsang otot gusi menjadi lebih kuat. Hal tersebut juga nyatanya dapat membantu produksi air liur menjadi lebih banyak sehingga mampu membersihkan mulut daripada sisa makanan yang menempel. Wortel juga mengandung betakaroten yang mana sangat diperlukan untuk membentuk gigi yang kuat.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Wortel diketahui mengandung antioksidan seperti karotenoid serta polifenol yang mana diketahui mampu membuat kulit menjadi lebih muda. Bahkan tak hanya menjaga kesehatan kulit, wortel juga diketahui memiliki manfaat yang baik untuk orang yang menderita penyakit kulit. Seperti halnya mengonsumsi wortel secara rutin pada penderita eksim atau psoriasis mampu meningkatkan penampilan kulit menjadi lebih baik.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan sekaligus vitamin C didalam wortel juga memiliki sifat antiradang yang mana mampu mempercepat proses penyembuhan. Hal inilah yang dapat membantu kulit semakin cepat sembuh dari luka luar serta trauma.

Nah itulah berbagai manfaat wortel untuk kesehatan secara menyeluruh. Namun sebaiknya Anda tidak mengonsumsi wortel secara berlebih terlebih jika Anda juga sedang mengonsumsi suplemen vitamin. Karena bisa memicu efek samping berupa kulit menjadi menguning, overdosis vitamin A, hingga alergi. Jangan lupa juga untuk mengolah wortel dengan cara yang sehat ya untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Mulai dari mencucinya terlebih dahulu sebelum diolah dan memasaknya dengan cara yang benar (apabila tidak dimakan langsung atau diolah menjadi jus). Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close