Parenting

Sedang Diet? Ini 7 Sumber Karbohidrat Terbaik Yang Bisa Dikonsumsi

Sejatinya, karbohidrat merupakan zat gizi utama yang butuhkan oleh tubuh. Pasalnya tubuh memperoleh energi untuk beraktivitas dengan cara membakar karbohidrat yang didapat dari makanan yang kita konsumsi. Hanya saja apabila Anda kini sedang diet, maka sebaiknya pilihlah sumber karbohidrat yang tepat. Sehingga, dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

sumber karbohidrat terbaik yang bagus dikonsumsi saat diet

Asupan makanan terutama jenis karbohidrat diketahui mampu mempengaruhi diet Anda. Apabila Anda memilih sumber karbohidrat yang tepat, maka diet yang akan Anda jalani juga menjadi lebih lancar. Adapun salah satu sumber karbohidrat yang tepat dan bisa Anda pilih saat menjalani program diet adalah jenis sumber karbohidrat yang mengandung serat tinggi atau yang disebut juga dengan karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini diyakini mampu bertahan dalam tubuh lebih lama lantaran mereka lebih sulit untuk dicerna.

Dengan begitu, seseorang yang mengonsumsi karbohidrat kompleks diketahui akan merasa kenyang lebih lama. Alhasil, asupan makan yang dikonsumsi juga bisa menjadi lebih sedikit. Selain dari pada itu, serat dalam karbohidrat juga mampu menurunkan kadar kolesterol lantaran serat mampu mengikat kolesterol darah yang dibuang bersama feses. Adapun dalam menurunkan berat badan, serat terbukti mampu melancarkan sistem pencernaan, hingga membantu Anda terhindar dari masalah sembelit, hemoroid, radang usus buntu serta divertikulosis.

Berbagai pilihan sumber karbohidrat terbaik saat diet

Berikut adalah berbagai jenis sumber karbohidrat dengan serat tinggi yang bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

1. Kentang

Mungkin, Anda sering mengonsumsi kentang sebagai lakuk. Padahal makanan ini bisa Anda jadikan sebagai makanan utama lantaran mengandung karbohidrat yang tinggi. Nah bagi Anda yang kini tengah menjalani program diet, mungkin Anda bisa mengganti nasi dengan kentang. Sumber karbohidrat yang satu ini memiliki kandungan seperti vitamin C, kalium dan pati resisten (pati yang tidak dapat dicerna, sehingga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Dan alangkah lebih baiknya lagi, apabila Anda mengonsumsi kentang bersama kulitnya. Karena didalam kulitnya terkandung serat yang cukup tinggi. Hanya hanya cara pengolahannya sebaiknya tidak dengan cara digoreng, karena tersebut bisa menambah asupan lemak Anda. Dimana hal tersebut bisa membuat diet Anda menjadi gagal. Sebagai alternatifnya, Anda bisa memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus.

2. Beras merah

Selain kentang, beras juga merupakan sumber karbohidrat yang memiliki serat yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding beras putih. Nah, ini bisa menjadi alternatif yang dipilih bagi Anda yang tidak bisa lepas dengan nasi meski sedang diet. Bahkan mengonsumsi nasi merah bisa membantu diet Anda menjadi berhasil.

Tak hanya baik dikonsumsi oleh pelaku diet, nasi merah juga bisa menjadi makanan sehat untuk penderita diabetes. Kandungan seratnya yang tinggi dalam nasi merah membantu para diabetesi untuk mengontrol kadar gula darah.

3. Gandum dan produk olahannya

Sumber karbohidrat lainnya yang juga tinggi akan serat ialah gandum dan produk olahannya. Seperti halnya pasta gandum dan roti gandum. Kandungan serat yang terdapat dalam pasta gandum diketahui tiga kali lebih tinggi dibanding dengan pasta putih. Sehingga bisa membantu Anda menjadi kenyang lebih lama, dan Anda bisa makan lebih sedikit.

Begitu juga dengan roti gandum yang juga direkomendasikan bagi Anda yang sedang dalam menjalani program penurunan berat badan. Dalam 100 gr roti gandum sendiri diketahui mengandunghg serat hingga mencapai 7 gram, sedang dalam100 gr roti putih hanya terkandung serat 2,7 gr saja.

4. Oatmeal

Makanan yang satu ini juga bisa menjadi menu makanan dikala Anda tengah menjalani program diet. Selain dapat membantu membuat kenyang lebih lama, kandungan serat dalam oatmeal juga mampu menurunkan kadar kolesterol hingga mengontrol kadar gula darah Anda. Hanya saja, terkadang Anda menambahkan makanan lainnya untuk menikmati oatmeal. sebaiknya tidak menambahkan makanan yang mengandung banyak kalori dan gula dibanding oatmeal itu sendiri.

5. Quinoa

Meski jarang mendengarnya, namun makanan ini ternyata kaya akan manfaat. Selain mengandung serat yang tinggi, Quinoa juga diketahui mengandung protein yang lebih tinggi dibanding jenis biji-bijian lainnya. Sehingga, quiona bisa menjadi salah satu sumber karbohidrtat kompleks yang membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

6. Buah-buahan

Sumber karbohidrat yang satu ini juga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Kandungan gula alami yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Hanya saja, pilihlah buah-buahan yang juga mengandung serat agar bisa menjadi kenyang lebih lama. Diantaranya seperti apel, pir, pisang serta raspberry. Tak hanya serat, didalam buah-buahan juga terkandung vitamin serta mineral penting seperti halnya vitamin C serta kalium.

Nah itulah berbagi sumber karbohidrat terbaik yang bisa Anda konsumsi selama menjalani program diet. Disamping itu, lakukan juga berbagai pola hidup sehat untuk mendukung keberhasilan diet Anda. Diantaranya seperti tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, karbohidrat olahan, lemak, sering berolahraga, memperbanyak mengonsumsi air putih serta istirahat yang cukup. Jika berbagai cara tersebut kurang efektif, Anda juga bisa mengonsumsi obat diet herbal yang tentunya jkuga aman untuk tubuh. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close