Manfaat

Selain Obati Wasir, Ini 9 Manfaat Daun Ungu Bagi Kesehatan

Manfaat daun ungu kini telah banyak dijadikan sebagai salah satu komposisi dalam pembuatan obat herbal wasir. Hanya saja tak hanya sebatas memiliki manfaat untuk mengobati wasir, daun ungu juga diketahui mengandung banyak kandungan senyawa alami yang juga baik untuk kesehatan lainnya. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

Mengenal daun ungu dan kandungan nutrisi didalamnya

manfaat daun ungu

Daun ungu memiliki nama latin Graptophyllum Pictum (L.) Griff merupakan salah satu jenis tanaman obat herbal yang diduga berasal dari Papua. Di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki beberapa nama panggilan berbeda. Diantaranya seperti handeuleum (sunda), wungu, tulak, demung (Jawa), daun temen-temen (Bali), Karotong (Madura), daun putri, dongora (Ambon) serta kobi-kobi (Ternate).

Tanaman yang juga dikenal sebagai tanaman hias atau tanaman pagar ini diketahui telah menyebar ke pulau jawa, Ternate dan maluku. Bahkan penyebarannya telah sampai ke India hingga Malaysia, yang mana telah dibudidayakan sebagai tanaman obat.

Adapun berdasarkan pengamatan para peneliti, daun ungu terkenal memiliki khasiat untuk mengatasi wasir dan beberapa penyakit lainnya lantaran memiliki kandungan senyawa yang bagus untuk kesehatan. aAdapun berbagai senyawa alami didalamnya adalah alkaloid, fenol, flavonoid, glikosida, saponin, steroid, sitosterol dan tanin.

Khasiat dan manfaat daun ungu bagi kesehatan

Salah satu khasiat daun ungu yang paling terkenal ialah kemampuannya dalam mengobati ambeien atau wasir secara tradisional. Hal tersebut lantaran kandungan didalamnya berupa alkaloid, saponin, flavonoid serta tanin yang dipercaya mampu melunakan tinja hingga menurunkan nilai ambang nyeri pada penderita wasir. Selain itu, ekstrak daun handeuleum juga memiliki kemampuan sebagai antiinflamasi yang mana mampu membentuk kompleks protein melalui ikatan hidrogen, sehingga memicu sel bakteri menjadi lisis.

Namun selain dari pada itu, daun ungu ungu juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan lainnya. Diantaranya sebagai berikut.

1. Mengatasi sembelit

Manfaat daun ungu untuk sembelit atau konstipasi juga jangan disepelekan. Hal tersebut lantaran didalamnya terkandung serat yang bersifat laksatif atau efek pencahar. Dimana khasiatnya mampu membantu usus berkontraksi hingga akhirnya dapat mendorong feses untuk keluar.

2. Melawan radikal bebas

Tanaman obat yang satu ini juga berkhasiat dalam menangkal radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan didalamnya terkandung senyawa fenolik yang tak lain berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Radikal bebas sendiri mampu merusak sel dalam tubuh, sehingga memicu berbagai penyakit degeneratif. Seperti halnya kanker, penyakit jantung, arthritis, katarak, diabetes dan masalah pada organ hati.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Penelitian aktifitas nephroprotective didalakukan dalam tanaman daun ungu pada tikus jantan. Penelitian tersebut dievaluasi dengan memperkirakan kadar kreatinin, urea serta parameter antioksidan pada ginjal. Adapun hasilnya menunjukkan, bahwasannya ekstrak etanol dalam tanaman obat ini menunjukkan pengurangan yang cukup signifikan dalam kadar kreatinin serta urea guna menjaga kesehatan ginjal.

4. Mengontrol kadar gula darah

Pengujian aktivitas antidiabetes daun ungu pada tikus diabetes yang diinduksi juga telah dilakukan. Dan hasilnya menunjukkan, bahwasannya terjadi penurunan yang cukup signifikan dalam tingkat glukosa darah. Terutama pada tikus yang diberi ekstrak dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi ekstrak tanaman daun ungu ini.

5. Mencegah pembentukan plak gigi

Suatu penelitian terhadap obat daun ungu terkait pertumbuhan plak gigi tiruan resin akrilik lengkap, hasilnya menujukkan mampu menghambar pertumbuhan plak pada gigi. Hal tersebutlantaran kemampuan senyawa flavonoid serta tanin yang berkhasiat untuk menghambat penyerapan glukosa. Sehingga pada akhirnya mampu mencegah pertumbuhan Streptococcus mutans, yang tak lain merupakan bakteri penyebab plak gigi.

Selain itu, penelitian eksperimental laboraturium yang dilakukan di Enrekang Makassar juga menunjukkan hasil yang sama. Dimana penggunaan ekstrak daun ungu diketahui memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans.

6. Membantu melancarkan persalinan

Manfaat daun handeuleum yang satu ini juga berdasarkan penelitian pada tikus betina. Penggunaan ekstrak daun ini menunjukkan adanya aktivitas oksitosik yang mana sebanding dengan oksitosin dalam tubuh wanita. Oksitosin sendiri merupakan hormon yang mampu merangsang kontraksi kuat dalam rahim pada trimester ke-tiga kehamilan. Sedangkan apabila digunakan sebelum kehamilan,maka khasiat daun ungu ini bisa menjadi kontrasepsi alami untuk menunda kehamilan.

7. Mengobati reumatoid arthritis

Kandungan sifat antiinflamasi dalam daun ungu dipercaya mampu mengurangi pembengkakan serta peradangan yang disebabkan oleh reumatoid arthritis atau rematik. Caranya, cukup dengan mengoleskan daun ungu yang telah ditumbuk pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Adapun apabila ingin lebih praktis, Anda juga bisa mengonsumsi kapsul daun ungu yang bisa Anda beli di Toko obat terdekat.

8. Membantu melancarkan haid

Pada dasarnya,menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya yakni akibat ketidakseimbangan hormon. Adapun salah satu cara alternatif untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun ungu selama 3 hari menjelang waktu haid.

9. Mengatasi bisul

Bisul atau yang juga disebut sebagai Furunkel merupakan benjolan berisi nanah yang dapat menimbulkan nyeri, Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabakan peradangan pada folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut. Nah, untuk cara mengobati bisul secara alami, Anda bisa memanfaatkan daun ungu atau handeuleum sebagai solusinya.Hal tersebut karena didalam daun ungu sendiri terkandung senyawa antiinflamasi serta antibakteri yang cukup kuat.

Caranya, cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada permukaan daun secukupnya, dan panggang diatas api. Setelah itu, tempelekan dalam keadaan hangat-hangat pada permukaan kulit yang mengalami bisul.

Nah itulah berbagai manfaat daun ungu bagi kesehatan. Meski tanaman obat herbal ini relatif aman, namun sebaiknya digunakan sesuai anjuran atau tidak berlebihan. Karena jika demikian, daun ungu bisa bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti sakit kepala, gatal, kemerahan di kulit hingga gangguan percernaan ringan. Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan sebelum memanfaatkannya.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close