KesehatanParenting

Waspadai 4 ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Yang Sering Diabaikan

Ciri-ciri kolesterol tinggi sebaiknya Anda ketahui dan pahami sejak dini. Karena jika kondisi tersebut diabaikan, maka bisa memiliki masalah kesehatan yang cukup serius seperti halnya penyakit jantung hingga stroke. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja tanda dan gejala kolesterol tinggi, sebaiknya Anda simak dalam ulasan berikut.

Apa penyebab kolesterol tinggi?

ciri-ciri kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi merupakan salah satu dari penyebab utama terjadinya penyakit jantung dan juga stroke. Selain faktor keturunanan dan pertambahan usia, masalah kesehatan ini juga umumnya bisa dise babkan oleh berbagai faktor lainnya. Adapun berbagai penyebab kolesterol lainnya bisa dikarenakan akibat gaya hidup yang tak sehat, seperti halnya pola makan yang tidak seimbang, kurang beraktivitas, kebiasaan merokok hingga obesitas.

Selain itu, orang yang memiliki riwayat hipertensi, tekanan darah tinggi, diabetes, hipotiroidisme, penyakit liver serta penyakit ginjal juga diketahui sangat rentan terkena kolesterol tinggi. Meski cukup membahayakan kesehatan, namun kadar kolesterol tinggi umumnya tidak menunjukkan gejala khusus hingga timbulnya penyakit jantung bahkan stroke.

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Meski tidak bisa di rasakan oleh penderita, namun umumnya terdapat beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang bisa dikenali sehingga patut diwaspadai. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Munculnya xanthomata

Pada beberapa orang yang memiliki kolesterol tinggi akibat faktor keturunan, biasanya akan muncul tumpukan kolesterol di jaringan tubuh atau yang disebut dengan xanthomata. Adapun dilansir dari buku Care Your Se lf Kolesterol (2008) oleh dr. Sri Nilawati, spKO dkk., xanthomata umumnya bisa terlihat disekitar kulit atau urat dekat dengan buku jari dengan bentuk menyerupai gumpalan.

Gumpalan yang umumnya sebesar biji kacang tersebut juga terkadang bisa dirasakan di sekitar urat yang membentang dari otot betis hingga bawah sampai ke tumit. Selain itu, xanthoma juga bisa berupa pembengkakan bulat bewarna kuning dan jingga diatas siku ataupun garis di telapak tangan. Hanya saja, xhantoma juga bisa tak nampak pada orang yang memiliki kolesterol tinggi lantaran faktor gaya hidup, penyakit maupun usia.

2. Munculnya lingkaran putih pada kornea mata

Tanda atau ciri-ciri kolesterol lainnya ialah munculnya lingkaran putih mau[un bentuk setengah lingkar an dalam kornea mata. Gejala kolesterol tinggi yang satu ini terkadang muncul dari orang yang berusia 30 tahun atau penderita yang berusia 50 tahun ke atas. Hanya saja, gejala yang satu ini tidak bisa dijadikan patokan utama meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Terdapat bercak kuning dibawah kelopak mata

Munculnya bercak kuning di bawah kelopak mat atau xanthelesma juga bisa menjadi ciri kolesterol tinggi. Biasanya gejala ini timbul pada kelompok orang yang masih berusia dibawah 30 tahun. Namun seperti gejala kolesterol sebelumnya, tidak semua bercak kuning dibawah kelopak mata pertanda kolesterol. Gejala serupa juga terkadang muncul pada orang sehat.

4. Mengalami impotensi atau lemah syahwat

Impotensi juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi pada pria. Kondisi ini muncul lantaran kolesterol tinggi berdampak pada pembuluh darah arteri disekitar area kelamin.

Nah itulah berbagai ciri-ciri kolesterol tinggi yang sebaiknya perlu Anda waspadai. Selain itu, masih terdapat beberapa gejala kolesterol lainnya yang kemungkinan dapat terjadi. Mulai dari kesemutan atau mati rasa di salah satu bagian tubuh, kelelahan yang berlebih, mengalami nyeri di beberapa titik tubuh, nyeri dada, sesak napas hingga tekanan darah yang cukup tinggi. Adapun untuk mematikan kolesterol dalam darah, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan darah atau kesehatan secara berkala. Jangan tunggu gejala muncul bahkan terjadi komplikasi kesehatan serius yang tidak diharapkan. Salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close